Minggu, 10 Maret 2013

Besok Adalah Nyesek..

            Assalamuallaikum... Ini postingan pertama di bulan ke tiga, gue. Gaes.. Masih sehat? Sudah makan? Jangan-jangan belum makan gara-gara belum diingetin sama gebetan atau orang spesial. Hihi. Atau malah, lebih parah. Lupa bernafas karena gak diingetin pula?? Ngenes!! Eh, maap. Tenang aja. Kamu, iya kamu. Yang baca ini dan merasa kesindir gak usah panik. Guepun juga kesindir sama tulisan gue sendiri. Ngahahaha -____-“

              Ini gak mau membahas yang jomblo, yang single, yang galau, dan yang lain-lain. Kenapa sih kaum mereka selalu di bahas? Kasihan, kan?? Coba lihat hati mereka. Nelangsa. Tiap hari tiap jam tiap menit sampai micro-detik isinya kalau gak gerimis yah sepi. Walaupun di luar sana ruamai kaya pasar malem. Dan yang lebih sombong, kadang mereka sampai gue sendiri selalu bilang “Aku gapapa, Im fine, bla..bla..bla..” PADAHAL???? Huahahhaa.. Gue gak mau bilang ini siapa. Yang jelas itu gue. Gue ngerasa sendiriii. Nyehehee -__-“ Apa-apaan yah ini kok jadi sesi curhat colongan seperti di radio atau biro-biro jodoh. Emang kalau gue curhat kaya gitu bakalan dapet pacar sektika? Minimal.. Umm.. Gebetan baru, lah. Hihi. Kalau gak gitu paling minim, ya, temen bbm-an, sms-an, mention-mention-an, banyak deh. Tapi jujur gue belum pengen pacaran. Walaupun ada tuh yang lagi renggang sampai deket banget. Pacaran bikin gue susah dapet inspirasi buat nulis. Nyahahaa.. Serius.. Tapi pengen juga sih pacaran -___-“ Kalau kalian bagimane??


                Hari ini, gue dapet undangan pesta ulang tahun ke-17. Ummm.. Dari.. Yang jelas bukan pacar, gebetan, mantan. Ini undangan dari sahabat tercintah. Sweet seventeen, gitulah, istilah gaholnya. Tapi sejatinya itu hanya kalimat konotasi dari pesta perayaan makan-makan, bersama yang sedang bertambah umurnya tersebut. Jadi, kalau pesta gitu pastilah ending-nya makan. Ngahaahaha. Kalian kalau diundang kaya gini, gak usah sungkan bilang,”Cepet dong.. Sudah laperrr, niih..” Dengan intonasi guyon. Dan menurutku itu wajar. Hehehe. Ada keunikan tersendiri menurutku di acara sahabatku yang namanya Tari ini. Dirayainnya di rumah. Kalau menurutku ini aksi anti-mainstream. Bagaimana ndak? Kan kalian tahu sendiri, ya.. Kalau anak sekarang ngrayain ultah itu seperti apa. Ke restoran, cafe, mall. Dan sekali lagi, ending-nya makan. Tapi berbeda dengan acara dia, sengaja gak ke sebuah resto dan sejenisnya. Gue kira mau tumpengan atau apalah. Ternyata masih tetep tium lilin. Hihi. Karena melihat potensi tetangganya yang layak untuk diundang sebagai penyedia makanan. Hitung-hitung, memberi mereka rezeki. Dan penjual makanan yang biasanya berjualan di sebuah kios. Kini, diundangnya oleh orang tua sahabat gue tadi. Beserta rombong istilah jawanya, kalau menurut kamus besar bahasa Indonesia mungkin gerobak tempat mereka jualan.

                Nampak penjual sate ayam Ponorogo, bakso dan somay memadati halaman belakang rumahnya. Dan ikut meramaikan selain ada hiburan berupa organ tunggal. Tau kan? Yup, permainan musik yang hanya menggunakan alat musik organ sejenis piano. Yah, acara makan-makan pun dimulai dengan perlahan tapi pasti. Dengan malu-malu tapi sigap. Nyahahhaa. Gue sengaja yang terakhir karena daripada menggerombol takutnya nyenggol benda-benda yang tak diinginkan. Ya udah, gue putusin untung sate ayam Ponorogo. Hihi. Detik berganti menit hingga jam. Menunjukkan pukul 13.43. Dan.. Bla.. Bla.. Bla.. Skip..

                Pada dasarnya setiap orang gak sekedar naksir sama weekend, cinta malah. Tapi itu tak berlaku bagi yang masih tugas lembur. Nyahaha.. Kasihan. Mau diapain aja weekend itu tetep seru. Mau dibakar, goreng, dibumbu rica-rica tetep aja enak. Soalnya, kamu yang mengolahnya. Bukan orang lain. Mengerti, kan maksut gue? Please, ngerti ya? Ya sudah. Sip, kalau sudah paham. Hehe.. Next, dan lebih mendasar lagi ada basement yang dulu tempat bermuaranya banjir Jakarta. Hii.. Banyak korban meninggal di sana. Halah.. Malah kok ngelantur gini, ya? Hmm.. Jadi, banyak hal yang dapat dilakukan waktu weekend. Yang dibilang keren saat ini. KENCAN?? Do you hear it??? Yeahh.. nge-DATE, gaes.. Nyahahaha. Tapi sayang sekali, hal itu gak ngefek sama gue. Kencan sejatinya itu hanya imajinasi kebersamaan bersama kekasih. Ya kan? So? Gue itu kencannya biasanya kalau enggak sama ibu, ya kesunyian. Aku merasanya aman, nyaman, dan tentram saat kencan bersama beliau. Pernahkah lu ngerasain itu saat lu kencan sama yang saat ini lu bilang kekasih? Nyahahaha..

                Adanya malah bikin lu pada nyesek. “Lho.. Uang buat bayar SPP sekolah habis buat nraktir si doi, untung ada uang tadi, kalau enggak mau ditaruh bokong kali, ya, muka saya..” Ujar lelaki yang katanya sudah gak sayang pacarnya, tapi ceweknya masih dan menjaga gengsi. “Kenapa sih setiap kencan sama doi bawaannya apes mulu. Katanya, dia sanggup ngelindungi aku. Mana janjinya.. Uhh, jadi cebel, deh..” Gerutu cewek manja yang berdinas nyuci piring sementara, karena cowoknya gak sanggup bayarin di restoran dan dia kabur dengan izin ke kamar mandi. “Tiap habis kencan dan naik motor ninja250 warna merah, gue. Kenapa cewek gue lebih sayang sama motor gue dari pada gue sendiri yang padahal kata emak gue, keren, ganteng?” Celoteh heran, seorang cowok yang bisa dibilang kaya tapi naas. Dia gak selektif nyari pacar. Dan masih bingung nyari cara ngerusak hubungan doi sama motor kesayangannya.

                Nyahahahahhaa... Itu tadi, kah, yang lu sebut kencan yang aman, nyaman dan tentram? Emang sih, gak semua pasangan nasibnya seperti itu. Kebanyakan, sih, Cuma beda di ceritanya aja. Intinya sama. Bikin nyesek. Banyak hal yang bikin nyesek di hidup lu. Misalnya aja. Ini true story in my life. Pada suatu pagi yang cerah. Ya seperti biasalah matahari menyapa dari Timur, emang kiamat apa nyapa dari Barat. Nikah sama dia aja belum keturutan, eh.. Mau kiamat aja. Tapi gue sebagai hambaNya cuma ngikut alur ceritaNya, pasti indah. Melebihi cerita FTV yang shooting-nya kalau enggak di Bali ya di Jogja. Hmm dari mana ya, tadi? Oiya.. Kan udah pagi, kan, ya. Seperti hari kemarin. Ritual pagi selalu tepat saat sinar mulai memasuki celah jendela. Tau, kan? Ritual pagi?

                Redam pertanyaan tersebut. Karena sesungguhnya ritual sakral itu adalah hanya sebuah singkatan, BAB. Buang Air Be.. Terusin yah..  Nah, begini. Betapa ga nyesek, itu ritual, lo. Jangan ada yang berani ganggu. Wah... Cem macem. Sekali di-stop oleh orang yang tidak bertanggung jawab rasanya ada sesuatu yang mengganjal. Sekali lagi, itu ritual, lo, ya. Masak.. masalah itu harus bersambung kaya sinetron. Kalau ini, tingkatnya udah layar lebar. Sekali main, klimaks, tamat. Sekali lagi sakral. Kesehatan lebih penting dari apapun, deh.

                Kemarin itu kenangan, hari ini kenyatan dan besok sebuah pertanyaan, harapan, kejutan dll. Itulah kalimat singkat yang menggambarkan waktu di hidup ini secara garis besar. Setuju, gak? Setuju aja, yah.. Plis... Hihi.. Ya, sudah kalau gak setuju. Gak maksa, kok. Tapi, perlu kalian tahu sedikit. Mungkin ini a true story. Ini gue curhat, pada tanggal 10 Maret 2013. Iya, hari ini, nih.. Ngahahahaa.. Kalian tahu, kan, besok itu hari Senin. Senin itu katanya sih MONsterDAY. Tau, ah. Mereka yang bilang gitu menilai monsternya darimana. Padahal ultraman gak ada, loh, kok mau ada monster. Hari itu banyak dibenci anak-anak sekolahan. Yang katanya, senin itu upacara bendera. Bikin item kulit, aja. Ih.. Males gelakk dan bla..bla..bla... Tapi kalau masalah yang itu gue, biasa, aja. Santai...

                Tapi, Senin kali ini bikin gue nyesek. Sumpah. Sekali lagi bukan masalah yang begitu. Ngapain pula, dia masih aja warna hitam. Kan, lebih baik berwarna. Merah, mungkin, seperti hari ini sama Hari Raya Nyepi yang diperingati lusa kelak. Asem.. Senin besok itu diperingatinya HARPITNAS(baca: Hari Kecepit Nasional). Mbok ya, menpendiknas turut andil dalam hal ini. Mengapa tidak mencuti bersamakan anak-anak sekolah di Indonesia. Gue, membayangkan, betapa mulianya beliau. Betapa banyak pahala yang beliau dapat. Ngahahahaha.. Jujur ajah. Gue, sudah sedikit jenuh dengan namanya sekolah. Dan, misal mendapat kabar segar berupa libur, betapa surga dunianya.

Libur sangat dibutuhkan sekarang. Pelajar-pelajar di Indonesia mungkin sudah mulai pada titik dimana dalam keadaan seperti gue. Bahkan sampai stress. Ngahahaa.. Untung aja gue gak ikutan. Disinyalir di tanah ini masuk dalam negara dimana jumlah hari sekolah tertinggi di dunia. Gue, pernah baca, sih, sekitar 220 hari di sekolah tiap tahun. Sepertinya bakal tua di sekolah, ya?

Mungkin pemerintah menganggap bahwa dengan banyaknya jam belajar di sekolah, maka anak tersebut akan jadi pandai. Hmm.. Tapi gak cuma pemerintah, orang tuapun juga. Gue ngalami masa seperti ini. Bisa, deh, samakan dengan keadaan sekarang, aja? Pintar sih iya, tapi bisa stress. Bagaimana tidak? Yah, kalian mungkin sebagai pelajar seperti saya mengetahui kenapa. Ngahahahaa.. Gue pernah baca lagi kalau sistem pendidikan di Indonesia masih terkesan mementingkan nilai daripada proses.

Eh.. Ngomong-ngomong.. Kenapa jadi bahas, ginian, yah?? Kan guenya bahas kalau besok itu nyesek karena kecepit. Gue sebagai pelajar, blogger, fotografer, anak yg berbakti kepada orang tua, berambisi jadi penulis dan nerbitin buku, dll. Sangat mengharapkan harpitnas menjadi hari libur nasional. Terkhusus pelajar. Kalian pun juga, kan?? Kalau pegawai, mah. Kerja-kerja sanah. Ngahahaha.. Eh.. Tapi berharap katanya itu sakit, yah, kalau misal gak tercapai? Hmmm.. Mungkin Cuma kalian aja yang berharap gebetan kalian buat nembak, eh.. Sampai 5 bulan jalan setahun belum juga jadian. Ngahahaha.. Kata temen gue, kuncinya cuma 2, sabar dan ikhlas.

Sudah, dulu, yah. Kasihan. Sebelum pamit, kalian sudah jenuh? Seberapa efektifkah sistem pendidikan yang katanya mencetak anak-anak pintar, menurut kalian?

Bye. Kalau gue boleh kata, lebih efektif lagi kalau hari kegiatan belajar mengajar seimbang dengan hari kegiatan kebebasan berekspresi(baca: holide alias libur). Ngahahaha.. See you on next post, Gaes...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah selesai membaca ya?? Belum?? Hehehe ..
Monggo/silakan meninggalkan jejak kalian, guys :)
Apresiasi kalian membuatku semakin semangat nulis..

Terima Kasih ^^